Macam Macam Codec (Video/Audio)

19.30

Macam-macam codec meliputi:
DivX (Digital Video Express)
Lebih dikenal dengan Divx-codec keluaran DivX,Inc. Kompresinya menggunakan standar MPEG-4 . File AV hasil kompresinya tetap ber-Extensi *.avi, memiliki ukuran file yang lebih kecil tetapi kualitas-nya tetap terjaga. Dalam kompresinya, DivX codec ini biasa bersanding dengan format Mp3 untuk audionya.

XviD
XviD? kebalikannya DivX itu mah :P. XviD merupakan versi gratis atau istilah kerennya OpenSource dari DivX jadi tetap juga menggunakan Kompresi standar MPEG-4 . Saat ini, XviD merupakan kompetitor utama untuk DivX. Kelebihan utamanya dibanding DivX adalah kemampuannya untuk dijalankan diberbagai platforms dan OS. File hasil kompresinya juga tetap ber-extensi *.avi

Realmedia/rmvb
Merupakan format multimedia keluaran RealNetworks. Hasil kompresinya dari segi ukuran file akan sangat kecil jika dibandingkan dengan DivX ataupun XviD oleh karena itu biasa digunakan untuk keperluan fileSharing (Bittorrent, eDonkey dan Gnutella).Hasil kompresinya biasanya ber-extensi *.rmvb atau *.rm

H264
H.264 adlah nama lain dari MPEG-4 Part 10 atau AVC (Advanced Video Coding), yaitu codec video digital untuk melakukan kompresi data tingkat tinggi.
Codec ini ditulis oleh ITU-T Video Coding Experts Group (VCEG) bersama ISO/IEC Moving Picture Experts Group (MPEG), sebagai suatu produk kolektif yang dikenal dengan nama Joint Video Team (JVT).
H.264 mempunyai sejumlah fitur yang dapat mengkompresi data video lebih efektif dari standar sebelumnya, dan mempunyai tingkat fleksibillitas yang lebih tinggi terhadap aplikasi dan jaringan.

x264
adalah sebuah pustaka perangkat lunak bebas untuk meng-encode stream video ke format H.264/MPEG-4 AVC. x264 dirilis di bawah pasal-pasal Lisensi Publik Umum GNU.
x264 adalah jenis kompresi video untuk menghasilkan kualitas yang baik dan mengurangi ukuran data. Misal, kamu rekam video dengan handycam, disimpan dengan ukuran 2GB, lalu kamu kompres dengan metode kompresi x264, maka bisa menghasilkan ukuran data 500MB tanpa mengurangi kualitas video(secara drastis).


x265 HEVC
adalah suatu encode dari penerus x264, HEVC( High Effieciency Video Coding) x265 suatu encode baru dan memiliki unggulan dari kualitas yang lebih bagus dan size kompresi file yang lebih irit.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan Sopan :) EmoticonEmoticon